Rabu, 23 Desember 2015

Ketahui Alasan-alasan Kenapa Jalan Kaki Lebih Baik daripada Lari

Ternyata ada beberapa alasan yang mengungkapkan kalau jalan lebih baik daripada berlari.
Ternyata ada beberapa alasan yang mengungkapkan kalau jalan lebih baik daripada berlari. | via: huffingtonpost.com

Lari itu identik dengan olahraga yang baik untuk kesehatan. Motivasi seseorang berlari setiap hari tentu berbeda-beda. Tapi, kebanyakan orang yang melakoni kegiatan itu secara rutin tentu ingin merasakan manfaat dari segi kebugaran tubuh.

Namun, pernahkah kamu membandingkannya dengan berjalan? Kegiatan yang pasti dilakukan banyak orang setiap harinya. Tak terlihat seperti olahraga, namun berjalan pun punya manfaatnya sendiri. Langsung aja nih kamu simak alasan kenapa berjalan itu lebih baik dari lari.

Berlari ternyata tak terlalu baik bagi kesehatan jantung. Menurut salah satu studi yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, berlari terlalu sering dalam jarak yang cukup jauh, yakni sekitar 10 kilometer, membuat tekanan darah di jantung meningkat terlalu tajam. Namun, saat seseorang berjalan walau dengan langkah yang cepat, tekanan darahnya cenderung tetap terkendali.



Lihat juga


Malah semakin sakit. Jantung bukan satu-satunya organ tubuh yang terkena dampak dari olahraga yang terlalu keras. Ternyata kalau kamu lari terlalu sering dan dalam jarak yang jauh, itu bisa menyebabkan virus jadi mudah menyerang tubuh karena kelebihan protein. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universtas Illinois, hal itu lah yang akan menyebabkanmu sakit secara terus-menerus.



Jalan kaki adalah olahraga yang punya efek samping paling minim. Dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasi oleh Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology, orang yang berjalan kaki (daripada berlari) secara rutin lebih terhindar dari risiko darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.



Setelah membaca ulasan tersebut, kamu jadi punya alternatif lain saat menjaga kesehatan tubuh. Tak harus berlari, jalan kaki pun ternyata bisa membuatmu sehat. Kalau kamu tahu manfaat lain dari berjalan, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

Baca juga artikel Aneh: 8 Makanan Aneh dari Filipina yang Membuatmu Enggak Doyan Makan Lagi

Rujukan

0 komentar

Posting Komentar