Minggu, 20 Desember 2015

6 Fakta Unik Apel yang Bisa Bikin Kamu Kaget! Hah!

Apel bisa mengurangi risiko terserang penyakit kronis.

Anda suka makan buah apel ? Jika iya tentu sudah tidak asing dengan manfaat dari buah apel itu sendiri yang baik untuk kesehatan.

Tapi tahukah Anda jika buah apel juga punya fakta menarik yang baik untuk kecantikan kulit dan kebugaran tubuh? Apa saja fakta unik itu? Berikut penjelasannya :

1. Apel paling baik dikonsumsi untuk anak usia 2-19 tahun.

Baru-baru ini jurnal Pediatrics menyebutkan bahwa apel adalah buah yang paling baik dikonsumsi oleh anak-anak. Hal itu karena kandungan nutrisi dalam apel baik untuk pertumbuhan dan kebugaran tubuh.

2. Kulit apel punya kandungan serat yang lebih banyak.

Mengacu pada Academy of Nutrition and Dietetics, kadar serat di apel juga ditemukan di bagian kulitnya. Apel berukuran sedang mengandung 4.4 gram serat. Kalau dikurangi bagian kulit, kandungan seratnya hanya 2.1 gram.

Lihat juga

3. Kandungan jenis apel punya antioksidan yang berbeda-beda.

Penelitian yang dilakukan di Kanada menunjukkan kalau kandungan apel di berbagai varian itu berbeda, apabila berkenaan dengan kadar antioksidan. Dari 8 varian apel yang dijadikan sampel, jenis red delicious adalah yang paling tinggi kandungan antioksidannya, sedangkan jenis empire adalah yang paling rendah.

4. Bisa cegah gigi berlubang.

Mengunyah apel bisa mencegah gigi berlubang. Menurut American Dental Association, hal itu dikarenakan apel mengandung air dengan kadar yang cukup tinggi dan serat yang bisa menyeimbangkan kandungan gula. Selain itu, apel juga berperan sebagai pembersih gigi alami.

5. Apel bisa mengurangi risiko terserang penyakit kronis. Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau apel punya peranan penting dalam menurunkan risiko seseorang terserang penyakit kronis. Jajaran penyakit itu di antaranya kanker, serangan jantung, asma, diabetes, dan alzheimer.

6. Bisa menjaga berat badan tubuh jadi ideal.

Bukan hanya karena punya kadar kalori yang rendah, namun apel juga kaya akan serat. Penelitian yang dilakukan Universitas Washington State pada 2014 menemukan sebuah bakteri di dalam kandungan apel yang bisa mengurangi risiko peradangan kronis dan meningkatkan metabolisme, karenanya kamu bisa tetap punya berat badan ideal.

Baca juga artikel Menarik: 5 Benda Menakjubkan Yang Dibuat Dengan Printer 3D

Sumber

0 komentar

Posting Komentar