Rabu, 21 Oktober 2015

5 Hal Ini yang Menjadi Ukuran Orang Sukses Menurut Steve Jobs

Ada beberapa hal yang bisa menjadi ukuran kesuksesan. Meskipun ukuran ini berkaitan dengan pribadimu, tapi pasti ada beberapa hal yang umum. Artinya, ada poin-poin yang bisa menjadi ukuran bagi banyak orang. Kamu pasti tahu Steve Jobs, investor dan CEO Pixar Animation Studio, yang sukses dalam dunia bisnis dan digital. Nah, ternyata Steve juga memiliki beberapa poin yang bisa menjadi ukuran kesuksesannya.

Banyak hal yang bisa menjadi ukuran seseorang dikatakan sukses. Lima hal ini menjadi ukuran kesuksesan bagi Steve Jobs. Bagaimana denganmu?
Banyak hal yang bisa menjadi ukuran seseorang dikatakan sukses. Lima hal ini menjadi ukuran kesuksesan bagi Steve Jobs. Bagaimana denganmu? | via: 9to5mac.com

Dalam situ Inc.com, Steve mengatakan, secara garis besar orang bisa dikatakan sukses jika sudah bisa mengubah dunia. Selain itu, ketika kamu sudah berhasil mewujudkan dan meraih tujuan yang kamu tetapkan, itu juga bisa dinamakan sukses secara umum. Tapi mendefiniskan kesuksesan enggak bisa sesederhana itu. Steve kemudian menguraikannya lagi apa arti 'mengubah dunia' menjadi lima poin penting.

Pengaruh. Coba sebutkan barang-barang yang 'diciptakan' Steve. Komputer personal, animasi digital, pemutar MP3, smartphones, kemudian online application store hingga tablet! Bukan hanya jumlah barang dan ide yang memukau. Tapi setiap 'penemuan' dan gebrakannya menjawab segala 'keluhan' masyarakat luas. COba saja kamu bandingkan keadaan orang sebelum dan sesudah semua barang yang Steve keluarkan.

Betapa setiap 'penemuannya' membantu dan menjawab kebutuhan orang banyak. Ini yang dia sebut pengaruh. Idemu harus bisa menjadi wakil dan jawaban kebutuhan masyarakat banyak. Itu dia ide Steve. Apa idemu?

Lihat juga




Jangkauan. Berapa banyak orang yang membaca situs blogmu? Berapa banyak orang yang membeli barang daganganmu? Berapa banyak orang yang menawar harga properti yang kamu jual? Jumlah konsumen menggambarkan seberapa jauh kamu bisa menjangkau konsumen. Semakin banyak dan semakin luas, kesuksesanmu akan semakin berlipat ganda.



Uang. Sukses memang bukan melulu soal uang. Tapi ketika kamu mencapai jangkauan yang luas, dan idemu bisa menjadi jawaban permintaan orang banyak, disitulah uang akan mengalir. Tapi, kamu juga enggak boleh lupa. Tanpa uang, perusahaanmu enggak akan berjalan. Jadi, ketika kamu bisa melipatgandakan dan 'memutar' uang disitulah ada jalan menuju sukses.



Persetujuan. Tanpa adanya persetujuan dan pengakuan dari orang lain kalau kamu berhasil, kamu juga belum bisa dikatakan sukses. Bagaimana bisa kamu mengatakan dirimu sukses sementara delapan dari 10 orang enggak berpikiran yang sama? Artinya, persetujuan dan pengakuan orang lain menjadi ukuran bahwa orang itu sukses atau enggak.



Kebahagiaan. Banyak uang, jangkauan luas, dan semua orang mengatakan kamu orang sukses. Tapi dalam menjalani hari kamu enggak bahagia. Setiap hari semua pekerjaan justru menjadi beban hidupmu. Mengelola bisnis, atau setiap hari bekerja ke kantor justru membuatmu stress dan bahkan ogah bekerja lebih keras lagi. Buat apa? Tanpa kebahagian, kamu toh enggak bisa menikmati apa pun.

[steve-jobs.gif]

Kelima poin di atas bagi Steve adalah definisi yang paling sederhana dan umum, yang bisa digunakan sebagian besar orang sebagai ukuran kesuksesan. Meskipun setiap orang punya tujuan yang berbeda, kelima hal di atas berlaku untuk hampir semua cita-cita dan target dalam hidup dan bisnis. Mumpung kamu masih muda, sebaiknya berusaha untuk mewujudkan kelima hal di atas sesegera mungkin, agar hidup menjadi lebih bermakna.

Sumber

0 komentar

Posting Komentar