Selasa, 15 September 2015

Sepuluh Hal Unik Mengenai Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II dari Inggris yang secara resmi juga menjadi Ratu Australia hari Rabu (9/9/2015) menjadi kepala negara yang paling lama berkuasa di Inggris.

Ratu yang sekarang berusia 89 tahun tersebut hari ini melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ratu Victoria yang pernah berkuasa selama 63 tahun dan 216 hari.

Ratu Elizabeth sendiri dikukuhkan di tahun 1953 dan sudah melihat perubahan besar mulai dari masa sesudah perang dunia kedua sampai sekarang ke era digital.

Walau sudah lama  berkuasa, inilah beberapa fakta menarik dan unik yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Ratu Tidak Memerlukan Paspor
Meski merupakan kepala negara yang paling sering melakukan perjalanan dalam sejarah, Ratu tidak memiliki paspor.

Karena yang mengeluarkan paspor adalah Ratu sendiri (Her Majesty), maka tidaklah diperlukan bagi yang mengeluarkan untuk memilikinya.

Namun semua anggota keluarga kerajaan lainnya termasuk suami Ratu, Pangeran Philip dan putra mahkota Pangeran Charles memiliki paspor.

2. Tidak Pernah Makan Makanan Laut Bila Bepergian
Untuk menghindari sakit perut, Ratu tidak pernah makan makanan laut, atau daging yang 'unik' di suatu negara, ketika dia sedang melakukan perjalanan.

Namun menurut BBC, Ratu makan ubur ubur laut ketika mengunjungi China di tahun 1986.

3. Sering Bepergian Membawa Air Botolan Malvern Untuk Buat Teh
Sumber-sumber kerajaan mengatakan Ratu selalu minum teh setiap jam lima sore.

Airnya berasal dari Malvern, air yang diambil dari Malvern Hills di Inggris, namun merek air botolan ini tidak diproduksi lagi oleh Coca Cola di tahun 2010.

Lihat juga

4. Tidaklah Bepergian Membawa Tempat Duduk Toilet Sendiri
Menurut seorang staf kerajaan, dalam bepergian, Ratu tidaklah cerewet bila harus menggunakan toilet. Meskipun Pangeran Charles diketahui sering membawa tempat duduk toilet sendiri.

5. Suka Dengan Coklat Mint Setelah Makan Malam
Siapa yang tidak suka coklat mint setelah makan malam?

6. Kencan Pertama Dengan Pangeran Philip: Menonton Oklahoma

7. Hadiah Ulang Tahun Keempat Mendapat Blok Kayu
Di ulang tahun keempatnya, Ratu mendapat hadiah blok kayu yang dibuat  dari 50 jenis kayu berbeda yang ditemukan di kerajaan Inggris di seluruh dunia.

8. Pamannya Pangeran John, Tidak Pernah Muncul di Depan Publik
Setelah didiagnosa menderita epilepsi, paman Ratu, Pangeran John tidak pernah muncul di depan publik. Juga diperkirakan dia menderita keterbelakangan mental dan mungkin autisme. Dia meninggal di usia 13 tahun.

9. Melemparkan Sepatu ke Pangeran Philip Dalam Kunjungan ke Australia
Selama kunjungan ke Australia di tahun 1954, Ratu dan Pangeran Philip bertengkar, dan di salah satu hari istirahat mereka, Ratu melemparkan sepatu tenisnya ke arah Pangeran Philip di saat sang pangeran meninggalkan penginapan mereka di Yarra Ranges di Victoria.

10. Rok Sengaja Diperberat Untuk Tidak Tertiup Angin
Untuk menghindari momen memalukan seperti foto Marlyn Monroe dimana roknya tersingkap karena angin, rok yang dikenakan Ratu diperberat dengan gelang emas, sehingga tidak akan bisa 'terbang', hal yang hampir terjadi pada istri Pangeran Charles sekarang ini, Duchess of Cornwall.

Sumber: Sejarawan Jane Connors, PhD on Royal Tour of 1954 dan BBC. (abc/A-89)***

0 komentar

Posting Komentar