Rabu, 02 Desember 2015

5 Fakta Unik Laba-Laba

Di dunia yang begitu besar ini, kita pasti akan dihadapi beragam hal unik dari makhluk hidup, termasuk hewan berkaki delapan ini. Yup, laba-laba! Hewan yang masuk dalam golongan hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) ini punya fakta unik yang wajib kita ketahui.

1. Beberapa Laba-laba adalah kanibal
Beberapa spesies laba-laba mengorbankan dirinya untuk dimakan laba-laba muda yang baru menetas dari telur. Tapi, biasanya kanibalisme terjadi dalam proses perkawinan. Laba-laba betina akan memakan pasangan jantan mereka sebelum atau setelah kawin. Peneliti dari Miami University, Ohio, Amerika Serikat menemukan bahwa ukuran laba-laba jantan ternyata menentukan proses kanibalisme oleh laba-laba betina.

2. Membangun jaring raksasa.
Beberapa laba-laba bisa membangun jaring raksasa jika menetap di suatu lokasi dalam jangka waktu lama. Contohnya, saat terjadi banjir di Pakistan pada tahun 2010, jutaan laba-laba melarikan diri ke sebuah pohon dan membangun jaring raksasa.

3. Laba-laba nggak akan terjebak di jaring mereka sendiri.
Sebuah penelitian dari Smithsonian Tropical Research Institute Panama dan University of Costa Rica Kosta Rika bilang, laba-laba punya rambut di kaki yang akan memproduksi zat bebas anti lengket sehingga nggak menempel di jaring mereka sendiri. Selama membuat jaring, laba-laba biasanya mengurangi kekuatan perekatnya dengan cara menggerakkan kaki-kaki mereka.

Lihat juga


4. Jaring listrik untuk menangkap mangsa.
Peneliti dari Oxford University Inggris menemukan bahwa jaring listrik pada laba-laba berfungsi menangkap serangga dan partikel-partikel di udara. Jaring ini dilapisi zat seperti lem yang memiliki sifat elektrostatik sehingga akan menarik semua partikel bermuatan dan menempel benda yang ada di udara.

5. Jaring laba-laba super kuat.
Jika selama ini kita melihat jaring laba-laba mudah rusak oleh hal-hal kecil, hal ini nggak berlaku buat laba-laba Darwin’s bark. Jenis laba-laba yang banyak ditemukan di Madagaskar ini dikenal memiliki jaring laba-laba super kuat! Jaring mereka merupakan material biologis terkuat yang pernah dikenal manusia. Bahkan, jaring yang mereka buat lebih kuat dari kevlar atau bahan yang digunakan untuk membuat rompi anti peluru!

Sumber

0 komentar

Posting Komentar