Rabu, 16 Desember 2015

5 Fakta Kesehatan Tentang Apel yang Mungkin Nggak Kamu Duga

Berikut fakta-fakta kesehatan tentang apel yang mungkin saja tak kamu duga sebelumnya.

Berikut fakta-fakta kesehatan tentang apel yang mungkin saja tak kamu duga sebelumnya. | via: healthy-looks-better.tumblr.com

Mengonsumsi buah memang salah satu cara untuk menjalani hidup sehat. Begitu banyak pilihan, buah-buah ini memberi manfaat dominan yang berbeda-beda. Ada yang baik bagi kecantikan kulit, namun ada juga yang berdampak pada kebugaran tubuh.

Kalau harus menebak buah apa yang paling baik untuk anak-anak, maka apel adalah jawaban yang paling tepat. Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics mengatakan kalau di antara buah yang lain, apel lah yang paling baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang berusia 2 hingga 19 tahun. Karenanya, 6 fakta apel ini yang harus kamu ketahui.

Lihat juga


Bagian kulit di apel punya peranan lebih. Kebanyakan, serat di apel itu ditemukan di bagian kulitnya. Mengacu pada Academy of Nutrition and Dietetics, kadar serat di apel juga ditemukan di bagian kulitnya. Apel berukuran sedang mengandung 4.4 gram serat. Kalau dikurangi bagian kulit, kandungan seratnya hanya 2.1 gram.



Setiap jenis apel mengandung antioksidan yang berbeda. Penelitian yang dilakukan di Kanada menunjukkan kalau kandungan apel di berbagai varian itu berbeda, apabila berkenaan dengan kadar antioksidan. Dari 8 varian apel yang dijadikan sampel, jenis red delicious adalah yang paling tinggi kandungan antioksidannya, sedangkan jenis empire adalah yang paling rendah.



Mengunyah apel bisa mencegah gigi berlubang. Menurut American Dental Association, hal itu dikarenakan apel mengandung air dengan kadar yang cukup tinggi dan serat yang bisa menyeimbangkan kandungan gula. Selain itu, apel juga berperan sebagai pembersih gigi alami.



Apel bisa mengurangi risiko terserang penyakit kronis. Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau apel punya peranan penting dalam menurunkan risiko seseorang terserang penyakit kronis. Jajaran penyakit itu di antaranya kanker, serangan jantung, asma, diabetes, dan alzheimer.



Mengonsumsi apel membantumu dapat berat badan ideal. Bukan hanya karena punya kadar kalori yang rendah, namun apel juga kaya akan serat. Penelitian yang dilakukan Universitas Washington State pada 2014 menemukan sebuah bakteri di dalam kandungan apel yang bisa mengurangi risiko peradangan kronis dan meningkatkan metabolisme, karenanya kamu bisa tetap punya berat badan ideal.



Sebagai buah yang sudah begitu familiar, apel memang jadi pilihan konsumsi bagi kebanyakan orang. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa memilih waktu dan porsi yang pas dalam mengonsumsi apel. Kalau kamu pernah membaca fakta lain tentang apel yang belum dijabarkan di atas, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

Baca juga artikel Relationship: 10 Tanda Penting dan Pasti Kalau Pasanganmu Selingkuh

Sumber

0 komentar

Posting Komentar