Kamis, 17 September 2015

Fakta Unik Semut

Setelah nonton film Ant-Man, apa sih, yang ada di pikiran kita tentang serangga ini? Selain hidup dalam koloni besar dengan pembagian tugas yang rapi antar anggota koloni, semut memiliki fakta lain. Yuk, cek betapa menakjubkan serangga ini.

Memiliki kaki yang kuat.
Selain bobot yang ringan, semut diberkahi kaki yang kuat. Semut bisa berjalan dengan cepat meski sedang membawa makanan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Punya dua perut.
Kodrat mereka memang suka berbagi. Hihihi… Semut memiliki satu perut untuk menyimpan makanan bagi dirinya sendiri. Perut lainnya berguna untuk menyimpan makanan yang bisa dibagikan ke semut lain.

Cara makannya unik.
Semut dewasa nggak bisa menelan makanan padat. Mereka bergantung pada sari makanan yang diperoleh dari potongan-potongan makanan padat.

Muncul jutaan tahun lalu.
Penemuan para ilmuan Harvard University Amerika Serikat dan Florida State University Amerika Serikat menyebutkan, semut pertama kali muncul pada pertengahan periode Cretaceous. Era ini berlangsung setelah periode Jura atau era dinosaurus, sekitar 130 juta tahun lalu.

Lihat juga

Koloni terbesar! Ukurannya memang kecil, tapi jumlahnya koloninya banyak banget! Semut diperkirakan sebagai koloni terbesar yang pernah ditemukan, yaitu lebih dari 3.600 mil, sehingga terbentang di beberapa negara, seperti Italia, Prancis dan Spanyol. Umur yang singkat! Semut pekerja hanya berumur 45-60 hari. Sedangkan sang ratu bisa hidup hingga 20 tahun. Ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya bisa bertahan beberapa bulan saja. Durasi tidur singkat. Kebanyakan orang mengira semut nggak pernah tidur. Faktanya, semut pekerja bisa tidur sebanyak 253 kali dalam sehari. Mereka hanya menghabiskan waktu 1,1 menit saja untuk satu kali tidur. Semut karnivora. Di Afrika dan Asia, ada spesies semut yang bisa membunuh dan memakan binatang besar dengan cara mengeroyoknya. Driver Ant, Safari Ant dan Siafu adalah semut pemburu yang sangat kuat karena memanfaatkan jumlah mereka saat mengincar mangsa. Perbudakan dalam pasukan semut. Slave-Maker ant merupakan jenis semut yang suka menggerebek sarang semut lain dan mencuri pupa mereka. Ketika pupa tersebut menetas, semut tersebut dijadikan budak dalam koloni. Tugas lain semut pekerja. Salah satu tugas semut pekerja adalah mengambil sampah dari sarang, kemudian memasukkannya ke dalam tempat pembuangan sampah. Jadi, nggak hanya mengumpulkan makanan. Baca juga artikel Aneh Segera Kabur Jika Seseorang di Dekatmu Memiliki 7 Tanda Ini!

0 komentar

Posting Komentar