Rabu, 28 Oktober 2015

Ketahui 5 Fakta Unik Mengenai Telinga

Tentunya kita mengetahui bahwa telinga itu memiliki fungsi untuk mendengar. Telinga juga termasuk panca indra yang sangat vital karena fungsinya tersebut. Banyak sekali orang yang tidak terlalu memperhatiakan keberadaan telinga yang mereka miliki sehingga kadang kurang merawatnya. Padahal kurangnya pengetahuan mengenai telinga tersebut membuat mereka memperlakukan telinga dengan cara yang kurang benar, misalnya membersihkan telinga menggunakan benda benda yang berbahaya. Nah untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai beberapa fakta unik dan tentunya menarik dari telinga, silahkan disimak.

Ketahui 5 Fakta Unik Mengenai Telinga

Ketahui 5 Fakta Unik Mengenai Telinga


Dapat Membersihkan Diri Sendiri

Ternyata telinga dapat membersihkan dirinya sendiri. Telinga mampu memproduksi sejenis lilin yang memiliki fungsi mengikat dan juga membawa kotoran ke luar. Sedangkan rambut kecil yang biasa disebut sila, yang ada di dalam telinga yang membantu mengeluarkan kotoran tersebut.

Lihat juga

Membantu Menjaga Keseimbangan

Tahukah anda jika tubuh kita dapat berjalan dengan lurus dikarena adanya vestibular telinga. Nah pastinya anda tidak menyangka jika keseimbangan tubuh ternyata dijaga oleh sebuah organ kecil yang berada di dalam telinga. Makanya tidak heran bagi anda yang pernah membersihkan telinga di dokter THT biasanya sehabis dibersihkan tubuh anda akan merasa kurang seimbang.

Sensai Mual

Tidak hanya dapat menjaga keseimbangan tubuh, di dalam telinga juga terdapat sebuah organ yang dapat menentukan atau memicu rasa mual seseorang. Makanya tidak heran jika kadang ada orang yang merasa mual sehabis membersihkan telinga, hal itu dikarenakan alat yang anda gunakan untuk membersihkan telinga menganai organ tersebut.

Terdapat Rambut Halus di dalam Telinga

Rambut halus yang berada di dalam telinga ternyata memiliki fungsi yang sangat penting, karena jika bulu - bulu halus tersebut sampai rusak maka akan merusak kemampuan mendengar anda. Terlalu sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud dapat merusak bulu halus di dalam telingga. Untuk itu usahakan untuk jangan terlalu sering membersihkan telinga dan usahakan untuk rajin memeriksakan telinga di dokter.

Tidak Pernah Berhenti Mendengar

Walaupun kita sedang tertidur, ternyata telinga yang kita miliki tetap tidak pernah berhenti untuk mendengar. Yang membuat anda merasa tidak mendengar adalah otak anda yang sedang beristirahat sehingga tidak bisa menerjemahkan informasi dari telinga.

Itu dia ke 5 fakta unik tentang telinga yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dan memberikan manfaat.

Sumber

0 komentar

Posting Komentar